Penjelasan Mengenai Adat Istiadat dalam Keluarga Saya (Tugas Softskill Etika Bisnis)

1.    Teori

Adat istiadat adalah segala dalil dan ajaran mengenai bagaimana orang bertingkah-laku dalam masyarakat. Rumusan-nya sangat abstrak, karena itu memerlukan usaha untuk memahami dan merincinya lebih lanjut. Adat dalam pengertian ini berfungsi sebagai dasar pembanguan hukum adat positif  yang lain. Adat istiadat yang lebih nyata yang menjadi kebutuhan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari (Mohammad Daud Ali, 1999: 196).

Istilah adat istiadat  seringkali diganti dengan adat kebiasaan, namun pada dasarnya artinya tetap sama, jika mendengar kata adat istiadat biasanya aktivitas individu dalam suatu masyarakat dan aktivitas selalu berulang dalam jangka waktu tertentu. Menurut Soleman B. Taneko (1987: 12), adat istiadat dalam ilmu hukum ada perbedaan antara adat istiadat dan hukum adat. Suatu adat istiadat yang hidup (menjadi tradisi) dalam masyarakat dapat berubah dan diakui sebagai peraturan hukum (hukum adat). Pandangan bahwa agama memberi pengaruh dalam proses terwujudnya hukum adat, pada dasarnya bertentangan dengan konsepsi yang diberikan oleh Van den Berg yang dengan teori reception in complex menurut pandangan adat istiadat suatu tradisi dan kebiasaan nenek moyang kita yang sampai sekarang masih dipertahankan untuk mengenang nenek moyang kita juga sebagai keanekaragaman budaya. Istilah adat istiadat seringkali diganti dengan adat kebiasaan, namun pada dasarnya artinya tetap sama.

Suku Jawa (Jawa ngoko: wong Jawa/ krama: tiyang Jawi‌/ merupakan suku bangsa terbesar di Indonesia yang berasal dari Jawa tengah, Jawa timur, dan Yogyakarta . Setidaknya 41,7% penduduk Indonesia merupakan etnis Jawa. Selain di ketiga provinsi tersebut, suku Jawa banyak bermukim di Lampung, Banten, Jakarta, dan Sumatera Utara. Di Jawa Barat mereka banyak ditemukan di Kabupaten Indramayu dan Cirebon. Suku Jawa juga memiliki sub-suku, seperti suku Osing, orang Samin, suku Bawean/Boyan, Naga, Nagaring, suku Tengger, dan lain-lain.[4] Selain itu, suku Jawa ada pula yang berada di negara Suriname, Amerika Tengah karena pada masa kolonial Belanda suku ini dibawa ke sana sebagai pekerja dan kini suku Jawa di sana dikenal sebagai Jawa Suriname.

Suku Jawa berbeda dengan suku-suku lain dalam hal pandangan hidup, jika suku lain selalu melabelkan agama tertentu sebagai identitas kesukuannya, atau bukanlah bagian dari suku tertentu jika bukan beragama tertentu, maka suku jawa merupakan suku yang universal identitas sukunya tidak dibangun oleh agama maupun ras tertentu walaupun setiap individu jawa wajib beragama dan dituntun untuk melaksanakan syariat agamanya yang mesti dilaksanakan dengan taat oleh pribadi jawa yang memeluknya sebagai konsekwensi hidup sebagai hamba tuhan. Suku jawa memposisikan diri sebagai suku universal dan sebagian mengatakan jawa bukanlah sebuah suku namun dia adalah Jiwa dari setiap individu baik dia muslim maupun non-muslim sehingga dapat kita lihat pandangan hidupnya yang mengayomi semua agama dan muslim sebagai pemimpinnya karena memang sebagai mayoritas bisa dilihat kesultanan-kesultanan yang dibangun oleh suku jawa yang bercorakkan islam, namun tetap menghargai suku jawa non-muslim yang tidak beragama islam karena agama adalah iman dan keyakinan pilihan jiwa, dan jikalaupun orang jawa mayoritasnya adalah non muslim maka ianyapun juga berkewajban mengayomi hak-hak suku jawa yang beragama lainnya karena memang itu pandangan hidup yang ditanamkan kepada orang-orang jawa hal sesuai dengan firman Allah dalam Al-Quran surat Al-Mumtahanah (80:8)

2.    Kasus/Artikel

Atas dasar teori yang ada maka masalah dirumuskan adalah bagaimana adat dan istiadat yang berlaku dikeluarga saya yaitu adanya pencampuran antara adat aceh dan juga adat jawa yang sama sama muslim

3. Analisis

Dalam hal ini saya menganalisis bahwa dalam kehidupan di keluarga saya antara adat jawa dan aceh lebih mendominasi adat jawa yaitu dari keluarga ibu saya. Selebihnya dari sikap dan sopan santun antara jawa – aceh hampir tidak ada perbedaan.

Saya sendiri adalah dari keturunan jawa, dimana saya dan keluarga saya masih sering melakukan tradisi orang jawa seperti kekahan, slametan dan syukuran seperti halnya yang di lakukan orang jawa sebagaimana mestinya, tapi di keluarga saya tidak selalu menjalankan ritual tersebut karena tidak di biasakan seperti itu, ada beberapa hal yang mungkin di lakukan di keluarga saya seperti sering bikin jajanan jenang ataupun bubur merah yang di tujukan untuk keselamatan kondisi rumah. Dalam hal pernikahan orang jawa memang lebih kalem dalam hal rumah tangga dan itu sudah menjadi sifat dari diri mereka sendiri, dan menjaga tata karma dan sopan antun berlaku terhadap orang tua, saling hormat menghormati, sebagian besar orang jawa tidak selalu memfokuskan harus berjodoh dengan siapa yang penting saling bisa membuat keluarga bahagia.adapun adat jawa dalam pernikahan yaitu menginjak telur sebagaimana di tetapkan dalam bagian pernikahan adat jawa, dalam hal ini adapun makanan jawa di upacara pernikahan yang terdiri dari jadah, lapis, wajik, jenang; semuanya terbuat dari beras ketan. Beras ketan sebelum dimasak hambur, tetapi setelah dimasak, menjadi lengket. Begitu pula harapan yang tersirat, semoga cinta kedua calon pengantin selalu lengket selama-lamanya, buah buahan sebagai makna penuh harapan bagi saling pengantin.

Kesimpulannya adalah bahwa dalam keluarga saya dari adat jawa lebih ke dalam sikap        dan perilaku sehari-hari yaitu sopan santun dan ramah. Selain itu jika dalam hal pernikahan keluarga saya lebih memilih menggunakan adat sunda karena tidak terlalu ribet dibandingkan adat jawa. Selebihnya dengan pencampuran kedua adat seperti jawa – aceh diharapkan keluarga saya dapat mempererat hubungan adat istiadat tersebut.

4. Referensi

http://lubisgrafura.wordpress.com/f-kejawen/mengenal-tata-upacara-pengantin-adat-jawa/

About rizzafebriantama

a relationship with fay
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s